Pages

Malas Beraktivitas di Rumah Tingkatkan Risiko Obesitas

Risiko Obesitas

Amerika - Perempuan modern yang jarang melakukan aktivitas di rumah seperti memasak, menyapu dan mengepel lantai dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan (obesitas).

Demikian penelitian terbaru yang dilakukan para peneliti dari University of South Carolina, Amerika Serikat.

Pada 1965, rata-rata perempuan menghabiskan 26 jam setiap minggu untuk memasak, membersihkan, dan mencuci piring atau pakaian. Tapi sekarang, kebanyakan kaum hawa hanya menghabiskan setengah dari waktu tersebut untuk melakukan pekerjaan domestik tersebut.

"Sebenarnya, kami mencoba untuk menemukan apa perubahan lingkungan yang menyebabkan obesitas," kata pemimpin peneliti Edward Archer dari University of South Carolina, seperti dikutip The Daily News.

Ia juga menambahkan bahwa pekerja perempuan yang banyak melakukan tugasnya di kantor dengan duduk lalu ditambah jarang melakukan aktivitas di rumah, diduga menjadi penyebab obesitas.

Perlu diketahui, kasus obesitas telah meningkat selama sepuluh tahun terakhir, terutama di Amerika Serikat. Cukup ironis memang, mengingat di negara-negara berkembang masih banyak penduduknya yang mengalami kelaparan.

Para peneliti juga memperingatkan bahwa kebiasaan malas bergerak pada perempuan hamil tidak hanya membahayakan kesehatan ibu, tapi juga bayi.

"Selain perempuan, laki-laki terlalu malas untuk bergerak juga banyak. Itu merupakan faktor epidemi obesitas saat ini," kata Archer.

Sumber : beritasatu.com