Pages

Ekspresi Kebebasan dalam Java Jazz Festival

Java Jazz Festival

Jakarta - Perhelatan Jakarta Internasional Java Jazz Festival hari pertama, Jumat (1/3), di JIExpo Kemayoran berlangsung meriah. "Hujan" ratusan musisi jaz, pop, reggae, dan R&B terjadi mulai dari sore hingga dini hari. Ribuan penonton pun kelihatan puas menikmati sajian lagu-lagu tanpa batas.

Kemeriahan pesta reggae jaz terjadi di area A3 BNI Hall. Sang penampil Jimmy Cliff membuai penonton dengan lagu dan alunan musiknya yang nikmat menjadi teman bergoyang. Di antara ratusan penonton yang memadati area itu, terlihat penyanyi Ras Muhammad yang kelihatan menikmati penampilan Cliff.

Cliff dengan gayanya yang bebas, berhasil membakar suasana kian panas. Penonton yang kebanyakan para pria berambut gimbal tak malu-malu bergoyang. Malam itu, di area A3 BNI Hall adalah milik penikmat dan pencinta lagu-lagu reggae.

"Gila keren banget. Gue salut sama acara ini. Nikmat banget rasanya ada di antara penonton penggila reggae," ungkap Ras Muhammad seusai menonton aksi Cliff.

Setelah penampilan Cliff, musisi jaz kawakan Indra Lesmana unjuk kebolehan. Ia tidak tampil sendirian melainkan bersama LLW, Maurice Brown, dan sang putri Eva Celia.

Tahun ini, penampilan Indra sangat spesial. Ia keluar dari zona nyaman dengan memadukan jaz dengan rap dan R&B. Ada satu rapper yang diboyongnya di atas panggung. Sementara Eva juga tak mau ketinggalan menunjukkan kemampuan vokalnya yang sudah banyak kemajuan dari tahun lalu.

"Malam ini saya bawa putri tercinta saya. She's great," lontar Indra.

Selama hampir satu jam ia dan kawan-kawan tampil menghibur penonton. Dan pada menit-menit terakhir, Indra pun mengajak pembetot bas, Barry Likumahua dan peniup terompet Maurice Brown untuk adu kebolehan. Hasilnya, sebuah lagu "bebas" tercipta dan membuat penonton terkagum-kagum.

Si Tampan Belgia
Sementara itu, penyanyi jaz asal Belgia, Yannick Bovy juga membuat ratusan penonton terkesima. Ia yang tampil di area Brava Esquire Hall, pukul 22.00 WIB sukses menghipnotis kaum hawa dengan gayanya yang dandy. Yannick memesona dengan mengenakan setelan tuxedo diiringi Ron King Quintet.

"Ini penampilan saya yang pertama di Java Jazz. Sungguh, saya sangat takjub melihat kalian semua ada di sini untuk saya. Semoga tahun depan, saya bisa kembali lagi dan bertemu dengan kalian," katanya.

Sebagai musisi beraliran swing pop, Yannick tergolong baru. Tetapi dari aksi panggungnya malam itu, ia justru jauh dari kesan anak baru. Selama hampir satu jam, Yannick bernyanyi sekaligus berinteraksi dengan penonton. Sesekali ia bahkan melemparkan cerita lucu yang akhirnya membuat penonton tertawa.

Lagu-lagu yang dibawakan Yannick diambil dari album Better Man. Pada setiap lagu, tak lupa ia menyampaikan cerita dan makna yang terkandung di dalamnya. Jadi penonton yang mendengar lagu-lagu Yannick, bisa sekaligus mengerti isi hati sang pria tampan ini.

Tidak hanya di hari pertama, pada hari ini, Sabtu (2/3) JJF juga akan menampilkan musisi yang tidak kalah dengan Yannick, Indra Lesmana, Miles Smiles, dan Joss Stone.

Hari ini panggung JJF akan diisi musisi bertalenta lainnya, seperti Basia, Indro Hardjodikoro, Tompi, Monday Michiru, Lisa Stanfield, dan Dewi Sandra.

Sementara pada Minggu (3/3), beberapa musisi yang akan tampil adalah 4 Dekade Oddie Agam, The Groove, Basi, Craig David, dan Tohpati Bertiga.

Sumber : beritasatu.com